Natal dan Tahun Baru ini adalah agenda tahunan. Konsep kami dalam kegiatan ini adalah menjaga kerukunan dan bentuk toleransi. Kami siapkan pemuda Hindu sebagai Pecalang, yang ikut berpartisipasi melakukan pengamanan di Gereja,” terang Sutomo Adi Wijoyo, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Malang.

Tomo, begitu ia biasa disapa, meminta seluruh umat Hindu untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban menjelang Natal dan Tahun Baru. Pernyataan ini, disampaikan saat akhir pekan lalu melakukan pergantian kepengurusan (Lokasabha) PHDI Kabupaten Malang untuk periode 2018-2023.

Menurut Tomo, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat adalah kewajiban semua orang. Termasuk masyarakat pemeluk agama Hindu. “Karenanya saya mengajak masyarakat beragama Hindu, untuk hidup bertoleransi dengan agama lain. Kerukunan yang selama ini sudah terjalin, harus terus ditingkatkan,” ujar pria yang kembali terpilih menjadi ketua PHDI Kabupaten Malang itu.

Sutomo Adi Wijoyo, kembali terpilih secara aklamasi sebagai ketua. Dari 14 perwakilan kecamatan yang hadir dan memiliki hak suara, semuanya meminta Tomo tetap sebagai ketua. Dengan kembali terpilihnya Ketua PHDI ini, Tomo memiliki beberapa program. Yakni selain terus menjalani koordinasi dengan Pemkab Malang dan beberapa instansi, juga meningkatkan pelayanan kepada umat Hindu di Kabupaten Malang.

Salah satunya adalah pelayanan surat nikah atau lainnya.  “Masyarakat Hindu di Kabupaten Malang, yang mau menikah semua pengurusan surat dilakukan pengurus PHDI. Hal tersebut supaya pengurusannta tidak ada kendala,” tuturnya. “Kami juga akan terus menjalin hubungan baik dengan Pemkab Malang. Harapan kami supaya umat Hindu tidak dipandang sebelah mata, dalam hal pembangunan Pura  supaya juga ada bantuan,” ucapnya.

Kembali ke masalah kaitan kerukunan umat beragama dan dengan keamanan ketertiban masyarakat, Tomo menegaskan bahwa umat Hindu di kabupaten Malang akan terus berkomitmen untuk terlibat. Meski jumlahnya terbilang kecil jika dibandingkan umat beragama lain, namun Tomo meyakini ia dan rekan-rekan seimannya akan tetap berkontribusi bagi kerukunan.

Sumber: malang-pos.com

Komentar Anda

komentar