Iya… Masyarakat sekarang sangat mudah ya terpancing isu agama, sangat disesalkan,” Shandy Aulia mengungkapkan kegundahannya itu saat mengikuti wawancara di kediamannya yang termasuk kawasan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Senin (9/4).

Shandy juga membuka kisah tentang keluarga kecilnya yang hidup harmonis meski dalam perbedaan agama. Sebagaimana diketahui ayah dan ibu aktris berusia 30 tahun ini memang berbeda agama, demikian pula ia dengan kakak-kakaknya. Shandy mengikuti keyakinan sang Ibu yakni Kristen, sementara ketiga kakaknya yang bernama Dian, Vivi serta Putri memeluk Islam seperti ayah mereka.

Meski kini telah hidup mandiri dan terpisah dengan para kakaknya, Shandy tetap menjalin silaturahmi yang erat dengan keluarganya. Contoh kecilnya ketika bulan Ramadan tiba, ia mengundang keluarganya untuk berkumpul di rumah dan berbuka bersama.

Sekali dalam sebulan saat bulan puasa aku kumpulin semua kakak aku, Papa, kita buka puasa bareng. Itu udah jadi tradisi,” cerita Shandy. Saat Lebaran tiba, Shandy pun tak ketinggalan menyiapkan uang untuk dibagikan kepada saudara-saudaranya yang masih kecil. “Iya, tiap bulan pasti siapin THR,” tuturnya.

Terkait masalah terkini, menurut Shandy, tidak seharusnya orang-orang mempermasalahkan perbedaan agama. Karena masalah keyakinan bukan hal yang bisa dipaksakan. Di atas perbedaan keyakinan, Shandy lebih mengutamakan sikap atau perilaku seseorang untuk menghormati dan toleransi terhadap satu dan lainnya.

Kalau kita hidup gampang ngomong kasar, gampang membuat suasana jadi negatif, gampang melukai orang, kalau hidup kita nggak jadi terang buat orang sekitar, tanda tanya, dia ber-Tuhan atau nggak? Kita percaya kalau orang ber-Tuhan dari tutur kata, sikap, ucapannya dia memandang sebuah perbedaan, itu pasti peaceful,” ucapnya. “Itu akan berbeda sama orang yang kasar, segala macam. Karena saya percaya Tuhan itu nggak perlu dibela. Namanya juga Tuhan, Tuhan itu luar biasa. Yang ada kita yang dibela Tuhan.

Menurut istri dari pengusaha David Herbowo tersebut, perbedaan agama tak lantas menjadi jurang. Ia mencontohkan kembali yang dialami keluarganya. Justru mereka saling berangkulan, menjadi keluarga yang utuh walau kedua orangtua telah bercerai sejak Shandy masih kecil.

Menyikapi perbedaan itu tergantung mindset seseorang sih, karena pasti berbeda-beda. Kalau aku dan keluarga aku selama ini oke-oke aja,” tutup bintang film EIFFEL I’M IN LOVE 2 ini.

Sumber: kapanlagi.com

Komentar Anda

komentar