Sudah hampir empat bulan video itu tampil di media sosial. Di akun youtube-nya video itu telah ditonton lebih dari 1,2 juta orang. Belum terlalu banyak untuk ukuran video internasional. Namun video unggahan bertajuk Make Friend dari Elijah Interfaith Institute itu tengah berupaya menyebarkan pesan damai dari sebanyak mungkin pemimpin agama di dunia.

Video kampanye Make Friend itu bermula dari event yang diadakan Elijah Interfaith Institute pada bulan Juni lalu. Para pemimpin dunia seperti Paus Fransiskus (Gereja Katolik), Ayatollah Sayyid Fadhel Al-Milani (Syiah), Patriakh Bartolomeus I (Gereja Ortodoks), Rabbi Abram Skorka (Yahudi), Dalai Lama (Buddha Tantrayana), Grand Mufti Shawki Allam (Sunni), Bhai Shahib Mohinder Singh (Sikh), Uskup Antje Jackelen (Gereja Anglikan), Mata Amritanandamayi (Hindu), Chan Kong (Buddha Zen), dan banyak lainnya membagikan pesan terkait perdamaian dan dialog antar agama.

Ini menjadi sangat penting,” ungkap Paus Fransiskus, “Saat kehidupan religius saya justru diperkaya oleh penjelasan rekan saya yang berbeda agama. Saya rasa rekan dialog saya pun mengalami hal yang sama.

Apa yang diungkapkan oleh pemimpin umat Katolik sedunia itu diamini oleh banyak pesan-pesan lain. Ayatollah Al-Milani mengajak sekaligus menantang semua umat beragama di dunia untuk menjalin persahabatan dengan orang-orang yang berbeda agama, agar mengalami sendiri pengalaman dialog yang memperkaya itu. Demikian pula Dalai Lama yang menyatakan bahwa sentuhan pengalaman persahabatan personal itulah yang membawa kita pada pengalaman yang lebih dalam untuk hidup bersama.

Pesan-pesan ini dirasakan semakin relevan selain karena dunia kini sering dilanda isu peperangan yang tak jarang mengatasnamakan agama, namun secara lebih positif dunia saat ini semakin terbuka. Interaksi antar pemeluk agama di dunia yang dahulu banyak terhalang hambatan geografis, kini semakin intens dan perlu disikapi dengan cara beragama yang lebih bersahabat.

Dalam latar yang demikian pesan dalam Make Friends menjadi semacam suara panduan bagi manusia beragama di zaman sekarang. Para pemimpin agama yang telah teruji integritasnya ini sedang memandu umat agar dalam perjalanan spiritualnya terus saling berdialog dan saling membantu. Sebagaimana diilustrasikan oleh pemimpin umat Sikh, Bhai Shahib Mohinder Singh: “Tidak masalah dari sisi gunung mana kita mendaki, kita tetap harus saling membantu.”

Sumber: Make Friends

Komentar Anda

komentar