Tema: Sahate Ti Urang Bandung

Jumat (17/5/2019), Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS) bersama lebih dari 30 komunitas agama serta kelompok masyarakat di Bandung dan sekitarnya kembali menggelar kegiatan berbagi takjil.

Kegiatan itu ada dalam bentuk sederhana. Umat lintas agama dari berbagai komunitas membagikan takjil beserta stiker dengan pesan perdamaian pada pengendara yang melintas di persimpangan jalan raya.

Ini adalah kegiatan yang sejak tahun 2014 jadi cerita Ramadan dari Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS) bersama berbagai komunitas agama dan kemasyarakatan di kota Bandung sekitarnya. Bermula di satu titik pada 2014, hingga kini pada 2019 berbagi takjil hadir di tiga puluh titik di Kota Bandung dan Cimahi (Bundaran Cibiru, Flyover Antapani, Jl. Cibadak, Jl. Djuanda, Jl. Kebonjati, Jl. Pahlawan, Jl. Kopo, dll) dengan 300-500 paket takjil di tiap titik. Cerita ini terus meluas dan menginspirasi, sudah melibatkan lebih dari 30 komunitas.

FLADS menegaskan bahwa momen ini merupakan bentuk solidaritas umat beragama bersama rekan-rekan Muslim, yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Sesederhana membagikan takjil dan pesan damai pada yang sibuk berkendara, forum yang berdiri sejak November 2010 ini, meyakini bahwa solidaritas dan kesehatian antar warga bisa selalu dihadirkan dalam keseharian.

Lebih jauh, kerja guyub yang melibatkan umat beragama, adalah cerita yang sangat menginspirasi. “Lebih dari sekedar beberapa detik membagikan takjilnya. Justru di balik persiapannya, ada ruang untuk bertemu dan memulai kerjasama antar berbagai komunitas agama. Lewat itu banyak sekali tali persaudaraan baru yang terbangun,” ungkap Kiagus Zaenal Mubarok, ketua FLADS.

Memang dalam proses persiapan kegiatan ini, berbagai komunitas keagamaan dan kelompok masyarakat di satu wilayah terdekat, diminta untuk bekerja sama dalam menyediakan takjil dan membagikannya.

Tema yang diangkat tahun ini adalah Sahate ti Urang Bandung (Bandung Sehati), dimana kesehatian umat berbagai agama dalam mempersiapkan acara ini diharapkan jadi inspirasi agar cerita damai ini terus berlanjut. Kegiatan ini melibatkan berbagai komunitas keagamaan dan kelompok masyarakat antara lain:

Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS), Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB), JariLima, PCNU Kota Bandung, Keuskupan Bandung, GKI Klasis Bandung, GKP Bandung, GKJ Bandung, GP Ansor Bandung, PMII Jawa Barat, GMKI Bandung, GKPB Fajar Pengharapan, PGPK Kota Bandung, PHDI Bandung, MAKIN Bandung, API, FKLG, IJABI Bandung, JAI Bandung, Masyarakat Bahai, MLKI Bandung, WALUBI Bandung, PKKP UK Maranatha, AsKaRa, FPK Jawa Barat, MKAI Bandung, dan PMKRI Bandung.

Ttd,
Kiagus Zaenal Mubarok (Ketua FLADS)
Aphrem Risdo (Sekjen JAKATARUB)

Kontak: Basar Daniel(081222470324)

Komentar Anda

komentar