Saya tekankan Persebaya itu banyak dari daerah yang banyak pemain yang menganut Kristiani. Sebelum saya ambil alih, manajemen sudah berbicara banyak, ada pemain yang akan berhalangan. Kami tentu konsisten menjaga toleransi beragama,” Sugiantoro, asisten pelatih Persebaya, menyampaikan hal tersebut dengan tenang.

Pria yang akrab disapa Bejo itu sebenarnya sedang punya pekerjaan rumah yang berat. Persebaya mengalami krisis pemain menjelang Piala Indonesia 2018. Klub berjulukan Bajul Ijo itu dijadwalkan melawan PSKT Sumbawa Barat pada babak 64 besar di Stadion 17 Desember, Mataram, di Minggu sore (23/12).

Masalahnya, Persebaya sudah memberikan libur kepada pemain pemeluk agama Kristiani agar bisa merayakan Hari Raya Natal. Saat ini, hanya ada 13 pemain dalam latihan perdana Persebaya setelah satu pekan libur. Latihan itu digelar di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Selasa (18/12).

Tak hanya kekurangan pemain, Persebaya bahkan juga akan bertanding tanpa kehadiran pelatih kepala Djadjang Nurdjaman. Pelatih asal Jawa Barat itu saat ini masih melakoni modul keempat kursus lisensi kepelatihan AFC Pro.

Kami maksimalkan saja pemain yang ada. Mau tidak mau, pemain yang masih terikat kontrak dengan Persebaya sampai akhir Desember harus ikut. Pemain asing dan pemain Papua mendapat izin untuk merayakan Natal. Sekarang maksimal ada sekitar 15 pemain,” imbuh Bejo.

Bejo menuturkankan dirinya masih membutuhkan pemain tambahan. Dengan hanya 13 pemain, tentu saja masih kurang, sebab hanya akan ada dua pemain saja yang bisa menjadi cadangan. “Mungkin saya minta ke manajemen ambil dari Persebaya U-19 untuk tambahan. Kami masih di babak 64 besar, tidak bisa mengambil dari klub lain. Beda ceritanya kalau sudah 32 besar nanti bisa melakukan penambahan pemain baru,” ucap mantan pemain belakang Timnas Indonesia itu.

Meski demikian, Bejo tetap optimis bisa menuai hasil maksimal di babak 64 besar ini. Ia percaya kematangan dan pengalaman pemain serta dukungan dari semua pihak bisa menjadi kekuatan moril untuk anak asuhnya berprestasi.

Sumber: bola.com

Komentar Anda

komentar