Sejak Rabu (6/3), persiapan untuk perayaan Nyepi, sudah mulai terasa di salah satu sudut kota Cirebon. Lantunan musik gamelan yang sudah dimainkan sejak pukul 17.30 WIB itu, menemani kedatangan satu-persatu umat Hindu Cirebon ke Pura Agung Jati Pramana. Mereka hadir untuk memulai ritual menyambut hari raya Nyepi dan tahun baru Saka ke 1941.

Dengan pakaian khasnya, I Wayan Suhardika, Ketua Pasraman Widyalaya Kota Cirebon menjelaskan, kalau toleransi umat beragama di Kota Cirebon masih sangat terjaga. Ia mencontohkan apa yang terjadi pada hari itu. Saat umat Hindu di Cirebon bisa melaksanakan rangkayan hari raya Nyepi dengan khidmat, tanpa ada gangguan sedikitpun.

Selama ini tidak pernah ada gesekan di masyarakat. Toleransi disini sangat luar biasa dijaga. Di sini ada Klenteng, Masjid, dan Pura ini. Kami selalu rukun,” ucap Wayan Suhardika. Ia membagikan pandangan bahwa dalam menjaga keberagaman tersebut, banyak hal yang harus dilakukan. Wayan memberi contoh bagaimana sekian banyak anak muda di Kota Cirebon, yang membentuk forum pemuda lintas kepercayaan, yang aktif dikenal sebagai Pelita Cirebon.

Mereka selalu melakukan diskusi di tempat-tempat ibadah. Juga turut membantu membersihkan rumah ibadah, dan warisan budaya seperti Keraton Cirebon. Ini kegiatan yang sangat bagus,” pujinya.

Terkait perayaan Nyepi tahun ini, Wayan juga menyampaikan, bahwa momen refleksi yang agung bagi umat Hindu Bali ini, merupakan momen untuk ikut serta, dalam mensukseskan Pemilu 2019 mendatang. “Tema Catur Brata Nyepi kali ini juga terkait upaya agar kita turut mensukseskan Pemilu 2019 supaya berjalan damai dan tenteram. Tidak ada perpecahan sesama anak bangsa, dan kita pun beroleh pemimpin yang terbaik,” harapnya.

Sebagai refleksi internal, dalam perayaan Nyepi tahun ini umat Hindu juga diharapkan bisa mengintropeksi diri sendiri dalam kehidupannya, khususnya bisa memilih antara yang benar dan salah. Khusus bagi umat Cirebon, Wayan menekankan agar terus terlibat dalam berbagai upaya menjaga kerukunan di kota yang dikenal sebagai kota wali ini.

Sumber: okezone.com

Komentar Anda

komentar