Ada cukup banyak komunitas kaum muda yang ikut serta dalam dialog Sabtu malam itu (24/11). Mereka menggelar Dialog Keagamaan dan Kebangsaan bersama para tokoh lintas agama di Pondok Rakyat, Jl Basuki Rahmat, Kecamatan Watang Sawitto, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Acara yang mengambil tajuk “Night for Peace” itu terselenggara atas kerjasama dan kolaborasi antara Peacegeneration Chapter Makassar, Alumni Boardgame for Peace, CoratCoret Kreasi Media, dan Kosakata.

Akbar Musfatir yang merupakan salah seorang penggagas kegiatan, mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menghidupkan kembali forum-forum diskusi lintas agama. Menurutnya, wadah seperti inilah yang perlu dihadirkan untuk mewujudkan dan mempertahankan budaya toleransi antar umat beragama, khususnya di Kabupaten Pinrang ini.

Harapan ke depan, semoga dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menjadi spirit bagi kita semua untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bernuansa perdamaian dan toleransi di Pinrang,” kata Akbar dalam rilisnya Minggu (25/11).

Tak hanya mengambil bentuk dialog, acara di malam itu juga diisi sejumlah rangkaian seperti talk the peace, music for peace, dan puisi perdamaian. “Acara tersebut dihadiri sekitar 70 pemuda dari berbagai latar belakang yang berbeda baik dari SMA maupun mahasiswa,” jelas Akbar

Ia menambahkan, kegiatan itu terselenggara berangkat dari keresahan yang timbul akibat sikap ekstrim dalam beragama yang timbul akhir-akhir ini, serta mulai merosotnya nilai-nilai toleransi antar umat beragama pada saat ini. “Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan masyarakat Indonesia khususnya pemuda Indonesia bisa lebih terbuka melihat perbedaan antar umat beragama,” pungkas Akbar.

Malam itu memang ditandai dengan dialog lintas agama yang terjalin kembali. Ada Alamsyah Sa’ban Miru yang merupakan perwakilan sekaligus sekretaris FKUB Kabupaten Pinrang, kemudian Yosep Pa’o yang adalah Ketua Dewan Pastoral Gereja Katolik Pinrang dan serta Akbar Musfatir sendiri yang merupakan penggerak perdamaian kaum muda lewat Peacegeneration Chapter Makassar.

Sumber: tribunnews.com

Komentar Anda

komentar