Sejumlah warga di Jatiwangi berupaya membersihkan klenteng sebagai persiapan menjelang perayaan imlek pada akhir bulan ini agar lebih nyaman saat melakukan ibadah nanti.

Setiap sudut ruangan dan pelataran serta tempat hio dan seluruh patung yang ada dibersihkan dari debu dan sarang laba-laba di sekitar klenteng Hok Tek Tjeng Sin atai Vihara Pemancar Keselamatan ini, dengan cara bergotong royong.

Beberapa perabotan yang dinilai sudah usang dan tidak memiliki nilai sejarah juga demikian, sehingga tempat ibadah benar-benar nyaman dan bersih. Umat Kong Hu Cu yang yang akan beribadah disanapun bisa benar-benar nyaman dan khusu.

Sejumlah tempat yang akan dijadikan penyimpanan lilin dan lampion sudah dipersiapkan tinggal nanti para petuagas memasangkannya. Lampion usang diturunkan sebagaian dicuci agar nampak lebih bersih.

Edi salah seorang warga yang ikut membersihkan klenteng mengungkapkan, pembersihan klenteng dilakukan secara bergotong royong, tidak hanya umat Kong Hu Cu, namun juga beberapa diantaranya adalah umat Islam.

“Membersihkan tempat ibadah ini tidak hanya umat Kong Hu Cu tapi ini bareng-bareng saja.” kata Edi.

Hal yang sama juga dilakukan di Kadipaten, hanya di Kadipaten ini dilakukan oleh para pekarja. Kondisi ini karena umat Kong Hu Cu di kadipaten sudah semakin berkurang bahkan  nyaris tidak ada. Yang beraibadah ke Kadipaten katanya adalah orang luar kota yang kebetulan melintas. Pengelolaan klenteng sendiri dilakukan oleh warga yang kini tinggal di Cirebon.

Meski demikian kebersihan klenteng terus dijaga, lampion-lampion juga tetap dipasang dan pada malam hari menyala terang.

“Pada perayaan imlek kadang ada yang datang kadang juga ngga. Kebanyakan yang beribadah adalah yang mampir dari Cirebon, Jakarta atau dari luar kota lainnya. Makanya tempat tetap dibersihkan agar yang ibadah bisa nyaman dan khusu,” ungkap penjaga klenteng.

Di Vihara Pemancar Keselamatan di Jl Abdul Halim di Majalengka masih nampak sepi, meski demikian tempatnya nampak benar-benar bersih, karena setiap saat pengelolanya datang membersihkan lingkungan klenteng. Sejumlah lampion nampak dari luar menggantung terang, wangi harum hiopun tercium ke luar.

 

Sumber : pikiran-rakyat.com

Komentar Anda

komentar