Ustad Amir adalah seorang pengajar Islam di sebuah masjid kecil. Ia dikenal setia mengajarkan adab keseharian kepada para jamaahnya. Namun kadang kala ada saja pertanyaan jamaah, seperti Udin, yang bukannya kritis dan lugas mencari pengetahuan, namun malah berlarut-larut sepertinya sengaja menguji kesabarannya.

Suatu kali saat menjelaskan adab meminum air, ustad Amir berkata, baiknya sebelum minun, seorang Muslim mengucap bismillah. Udin langsung bertanya kenapa. Ustad Amir mencoba menjelaskan pentingnya mensyukuri air sebagai rahmat Allah serta mengingatkan banyak orang yang juga kekurangan air.

Tapi kan itu di Arab, Tad,” sanggah Udin. “Disini kita kan air banyak. Nggak ada penjelasan lain?

Sang ustad bersabar sejenak, lalu berkata: “Ada alasan lain. Sebenarnya di dalam air itu ada tiga jin, sehingga kita harus menyeru nama Allah saat meminumnya.

Udin kaget. Ia merasa penjelasan itu cukup menyeramkan, sehingga akhirnya tidak bertanya lagi. Tak lama selepas pengajian Udin pun pamit pulang.

Selepas itu, beberapa jamaah lain yang juga kaget dan ingin tahu akan penjelasan sang ustad, menghampiri ustad Amir. Mereka bertanya apa dalil soal tiga jin di air itu. Dengan santai Ustad Amir menjawab: “Yah, itu kan ada di ilmu kimia, di molekul air itu ada dua hidro-jin dan satu oksi-jin.

Ustad Amir dan para jamaah itu tertawa.

Komentar Anda

komentar