Imam di sebuah paroki sedang dipenuhi dengan pikiran, tentang bagaimana ia akan meminta umatnya untuk menyumbang untuk memperbaiki gedung gereja yang rusak. Sang Romo berpikir keras, karena dana yang terkumpul masih kurang.

Menjelang misa seorang petugas liturgi memberitahukan bahwa pemain organ yang biasa bertugas sedang sakit. Romo menyuruh petugas liturgi tersebut segera mencari pengganti pemain organ. Akhirnya, ia mendapatkan pemain organ pengganti pada saat-saat terakhir.

Pemain organ pengganti itu ingin mengetahui lagu-lagu apa saja yang harus dimainkan di dalam misa.  “Ini adalah salinan daftar lagu misa hari ini,” kata Romo tak sabar, “Tetapi kamu harus memilkirkan satu lagu lagi yang harus dimainkan setelah saya mengumumkan soal dana pembangunan gereja.

Si pemain organ mengangguk-angguk tanda mengerti, sang Romo tersenyum puas melihatnya.

Menjelang akhir misa, Romo itu menyampaikan pengumuman: “Saudara-saudari yang terkasih, kita sedang dalam kesulitan. Perbaikan gedung ini perlu dana lebih besar daripada yang kita perhitungkan. Siapa yang ingin menyumbang lagi boleh mengajukan diri dengan cara berdiri!

Beberapa saat setelah pengumuman itu hanya ada 3 orang yang berdiri. Melihat kejadian itu pemain organ memeras otak, kemudian terdengarlah dia memainkan lagu: “Indonesia Raya”. Dan seluruh umat berdiri…

Sumber: Kumpulan Humor Rohani Katolik

Komentar Anda

komentar