Suatu hari yang panas, Mulla Nasruddin berteduh di bawah naungan pohon kenari. Setelah beberapa saat, ia mulai melihat labu besar yang tumbuh di tanaman yang merambat dan kenari kecil yang tumbuh di pohon megah.

Kadang-kadang saya tidak bisa memahami jalan Allah!” Dia merenung, “Masa Ia membuat buah kenari kecil tumbuh di begitu pohon yang besar dan labu yang besar pada tanaman merambat yang halus!

Saat itu juga ada kenari yang jatuh tepat di kepala Nasruddin. Dia bangkit sekaligus mengangkat tangan dan wajahnya menghadap ke langit, mengatakan: “Astagfirullah! Maafkan saya mempertanyakan cara-Mu! Engkau Maha bijaksana. Apa yang terjadi dengan saya sekarang, jika labu tumbuh di pohon!

Sumber: ketawa.com

Keterangan: Mulla Nasrudin atau Nasrudin Hodja adalah seorang sufi yang hidup pada tahun 1400-an di Kesultanan Seljuk, Turki. Ia terkenal dengan cerita-cerita satirnya. Banyak anekdot yang memiliki nafas sufistik dan perenungan mendalam, disematkan atas namanya. Meski sangat mungkin anekdot itu tidak berasal dari kisahnya. Kisah-kisah ini sudah menjadi cerita rakyat dan sering dipakai untuk memaknai ulang kehidupan.

Komentar Anda

komentar