Dalam acara Seminar Pilkada Jawa Barat 2018, yang bertajuk Panggilan dan Tanggung Jawab Kita di Pilkada 2018, yang diselenggarakan oleh Yayasan Mardiko bekerjasama dengan Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang (FLADS), Gereja Kristen Indonesia (GKI) Klasis Bandung, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Bandung dan Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB), pada Sabtu (5/5) di GKI Maulana Yusuf, Bandung dan dihadiri oleh 90 peserta dari berbagai elemen lintas agama – para peserta bersepakat untuk mengikrarkan Deklarasi Pilkada Damai Umat Beragama sebagai berikut:

  1. Kami umat beragama memandang PILKADA Jawa Barat 2018 sebagai pesta demokrasi bangsa Indonesia, untuk mencari pemimpin yang terbaik demi mencapai masa depan bangsa yang adil, makmur, dan sejahtera.
  2. Kami umat beragama, melalui PILKADA Jawa Barat 2018 ini, bertekad membangun persaudaraan dan menjaga keutuhan bangsa di atas kepentingan pribadi dan golongan.
  3. Kami umat beragama menghargai dan menghormati perbedaan pilihan politik segenap warga bangsa. Kami akan terus mengupayakan terciptanya kondisi yang mendukung penghargaan terhadap keberagaman persatuan dan kesetaraan.
  4. Kami umat beragama menolak politisasi isu suku, agama, ras dan antar golongan dalam PILKADA Jawa Barat 2018. Kami bertekad mengajak segenap warga untuk menjatuhkan pilihan berdasarkan kompetensi calon pemimpin demi kemaslahatan semua.
  5. Kami umat beragama menolak segala bentuk hoax dan ujaran kebencian. Kami bertekad untuk berperan aktif dalam menghentikan hoax dan ujaran kebencian melalui informasi yang faktual serta melalui pesan-pesan perdamaian.
  6. Kami umat beragama akan bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat, dengan pemerintah dan dengan aparat kepolisian, untuk menciptakan PILKADA Jawa Barat 2018 yang damai, jujur dan adil.

Bandung, 5 Mei 2018

Para pencetus deklarasi:

Forum Lintas Agama Deklarasi Sancang, JAKATARUB, GKI Klasis Bandung, MAFINDO, Keuskupan Bandung, JARILIMA, Masyarakat Bahai, IJABI Bandung, JAI Bandung, PIKI, Mardiko Indonesia, PMII Bandung, GMKI Bandung dan Sekolah Rempah Nusantara.

Komentar Anda

komentar