Ini kali kedelapan Tur Malam Imlek diselenggarakan di Bandung. Komunitas Sahabat Lintas Iman (SALIM) dan Jaringan Kerja Antar Umat Beragama (JAKATARUB) bekerja sama dengan rumah-rumah ibadah di sekitar Jalan Kelenteng dan Jalan Cibadak membuka ruang perjumpaan lewat kunjungan dan diskusi seputar agama dan tradisi Tionghoa di kota kembang ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tur kali ini tetap ramai. Asifa, salah seorang panitia, menyatakan publikasi kegiatan ini sebenarnya sengaja dilakukan jelah hari-H kegiatan. Namun, pesertanya tetap membludak. “Baru satu hari publikasi disebar luas, sudah lebih seratus yang daftar,” ujarnya.

Sekitar 150 orang turut serta dalam rombongan ini. Mereka merupakan mahasiswa dari UIN Bandung. UNISBA, PMII, Pemuda GKI, JAI, KMHDI, komunitas pecinta sejarah, komunitas enterpreneur, serta banyak pula yang datang atas nama pribadi.

Para peserta mengunjungi lima rumah ibadah dalam tur ini. Bermula dari Kompleks Klenteng Besar Bandung (Klenteng Xie Tian Gong), peserta kemudian berpindah ke Vihara Tanda Bhakti, Vihara Dharma Ramsi, Kong Miao Bandung, dan Tao Kwan Sinar Mulia Bandung. Di tiap rumah ibadah, para peserta mendengar uraian dari tuan rumah serta bebas bertanya terkait Tahun Baru Imlek, simbol dari perayaan serta banyak hal lain seputar agama dan tradisi Tionghoa.

Wah… pertanyaannya luas sekali. Mulai dari yang sederhana soal dodol, sampai yang sangat filosofis,” ujar Sugiri Kustedja, pemandu tur saat di Klenteng Xie Tian Gong. Sugiri, merasa sangat senang bisa berbagi dengan banyak masyarakat yang antusias bertanya. “Ini miniatur Indonesia. Bisa rukun, guyub, bisa rukun bisa barengan, itu yang kita harapkan sebenarnya. Tidak secara formalitas saja tapi dalam kehidupan sehari-hari. Itu yang kita harapkan,” pujinya.

Hal serupa juga diungkap oleh para peserta yang umumnya baru kali ini beroleh kesempatan mengunjungi rumah-rumah ibadah. “Ini silaturahmi yang baik,” ungkap Wiwin, salah seorang peserta. “Saya lebih banyak mendengar dan bertanya dulu. Karena ini pengalaman pertama bisa dapat informasi seperti ini. Pengen ikut kalau ada lagi,” lanjutnya. **arms

Komentar Anda

komentar