Vokalis Elpamas, sebuah band tahun 1990an, Baruna Priyotomo mendirikan Barakarama Project. “Ini adalah sebuah project yang mengangkat kembali keunikan dan kekayaan bunyi etnik di nusantara, menyatukannya dengan lirik yang memuat semangat kebangsaan dan nasionalisme yang tinggi,” kata Baruna dalam siaran pers yang diterima Tempo pada Selasa, 15 Juni 2021. 

Baruna, menuturkan alasannya mengapa Barakarama Project harus etnik dan liriknya berbicara soal nasionalisme. “Eyang saya dulu pejuang kemerdekaan di Yogyakarta, di zaman Jenderal Ahmad Yani,”  kata Baruna.

Sebagai pendiri Barakarama Project, Baruna merancangnya sebagai wadah untuk berekspresi seni. Tak sekadar bermusik, proyek ini juga harus memuat unsur tari, teater, dan melakukan eksplorasi seni yang mengangkat  tradisi Indonesia. Ia menjelaskan, kata project itu bisa ditafsirkan tidak berformasi baku dah amat terbuka kehadiran musisi baru. 

Formasi Barakarama Project saat ini adalah Baruna, Riffy Putri, Yuyun, dan Bunga sebagai vokal, Toto Tewel dan Youslam pada gitar, Ardy (bas), Estu Pradana (keyboards), Ihsan (biola), Hendrikus ( perkusi ) dan Rere (drums). Rere menyebut, titik berat Barakarama Project adalah peralihan dari musik industri yang mainstream menjadi penuh unsur etnik.

Barakarama Project, wadah berkreasi seni yang didirikan Baruna Priyotomo, vokalis Elpamas. Foto: Barakarama Project.

“Kita ingin merawat pluralisme, keanekaragaman budaya, bahasa, suku dan agama Indonesia,” kata Rere. Sebagai seniman yang menyuarakan sesuatu melalui musik, unsur menjadi penting, agar tidak asing dengan budaya Indonesia yang amat kaya. 

Rere berharap dalam waktu mendatang Barakarama Project bisa saja menggelar diskusi tentang membangung toleransi. “Kami sudah merancang berdialog dengan PBNU, misalnya, dengan Buya Said, untuk membahas soal kebudayaan dan merawat kebinekaan,” ujarnya. 

Baruna menuturkan, dalam Barakarama Project, ia bertugas menulis lagu dan lirik. Adapun aransemennya digarap bersama dalam pola workshop bersama belasan musisi, misalnya untuk single yang baru dirilis – Nyanyian Bangsa. 

“Lagu ini saya tulis bersama Adi Prasetio, lalu kami buat workshop aransemen dengan melibatkan Ucok, dan kawan-kawan musisi dari Yogya,” ujar Baruna.

Nyanyian Bangsa sudah masuk ke digital platform Spotify, Joox, Deezer, iTunes, Langit Musik, dan videonya bisa disaksikan di YouTube. Nyanyian Bangsa merupakan tema lagu yang menunjukkan komitmen kebangsaan personel Barakarama Project. 

Sumber: Tempo.co

Bagikan

Komentar Anda

komentar